Pages

Minggu, 11 November 2012

MACAM - MACAM KESETIMBANGAN


1.    Kesetimbangan labil  atau goyah
Kesetimbangan adalah keseimbangan pada suatu benda di mana setelah gangguan yang diberikan atau dialami benda dihentikan, maka benda tidak kembali ke posisi keseimbangan semula, tetapi bahkan memperbesar gangguan tersebut.
Contoh :
Keseimbangan pada suatu benda dipandang sebagai keseimbangan yang dimiliki benda jika gangguan yang dialaminya menurunkan titik beratnya (energi potensialnya). 


       2.   Kesetimbangan stabil atau mantap
Kesetimbangan stabil atau mantap adalah keseimbangan suatu benda di mana setelah gangguan yang diberikan pada benda dihentikan, benda akan kembali ke posisi keseimbangan semula.
Contoh :
Keseimbangan stabil dapat dipandang sebagai keseimbangan yang dimiliki benda jika gangguan yang dialaminya menaikkan titik beratnya (energi potensialnya).

3.   Kesetimbangan indeferen atau netral
Kesetimbangan indeferen atau netral adalah keseimbangan pada suatu benda di mana setelah gangguan yang diberikan tidak mengubah posisi benda.
      Contoh : 
                  Keseimbangan indiferen dapat dipandang sebagai keseimbangan yang dimiliki  benda    dimana jika gangguan yang dialaminya tidak menyebabkan perubahan titik beratnya (energi potensialnya).

Sumber :

Http://www.file:///d:/blog%20fisika/rotasi%20dan%20kesetimbangan%20benda%20tegar%20%20%20pristiadi%20utomo.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sms Gratis

Game Hamster

ShoutMix