Pages

Senin, 14 Oktober 2013

Teori Konstruktivisme


Teori konstruktivisme  adalah satu pendekatan pengajaran berdasarkan kepada penyelidikan tentang bagaimana manusia belajar. Kebanyakan penyelidik berpendapat bahwa setiap individu membina pengetahuan dan bukan hanya menerima pengetahuan dari orang lain. Jadi, teori konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari.
           Proses belajar menurut konstruktivistik penekanan diberikan kepada murid lebih daripada guru . Ini adalah karena muridlah yang berinteraksi dengan  bahan  dan  peristiwa  dan  memperoleh  kefahaman tentang bahan dan peristiwa tersebut.   
Aplikasi teori konstruktivisme diantaranya peserta didik diharapkan selalu aktif dan dapat menemukan cara belajar yang sesuai dengan dirinya. Guru hanya sebagai fasilitator, mediator, dan teman yang membuat situasi kondusif untuk terjadinya konstruksi pengetahuan pada diri peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sms Gratis

Game Hamster

ShoutMix