Pages

Senin, 14 Oktober 2013

Analisis Statistik Univarat


Pada setiap lapangan pekerjaan, baik pemerintahan, pendidikan, pertanian, perdagangan, maupun lapangan pekerjaan lain, setiap pimpinan instansi selalu berhadapan dengan masalah atau persoalan yang antara lain dinyatakan dengan angka – angka. Dari kumpulan angka ini, ia berusaha menarik kesimpulan yang dianggap atau diharapkan cukup beralasan untuk memberikan gambaran atau penjelasan mengenai persoalan itu.
     Untuk memberikan kesimpulan, pemimpin menyusun dan menyajikan angka – angka tersebut dalam sebuah daftar atau tabel. Inilah yang disebut statistic.
Untuk membuat kesimpulan perlu diadakan pengujian terlebih dahulu data tersebut. Analisis statistic terhadap satu perlakuan yang dimaksudkan disini adalah analisis secara statistic untuk menguji hipotesis yang berkenaan dengan kualitas sebuah perlakuan (seperti baik/jelek, berhasil/gagal, memuaskan/mengecewakan) atau rata – rata atau normal/tidak normalnya sebuah sebaran data.

ANALISIS STATISTIK UNIVARIAT
Seorang peneliti bisa menguji satu atau lebih perlakuan pada satu kelompok atau lebih yang ia bentuk. Tentu saja, untuk mengujinya diperlukan analisis statistic yang sesuai dengan maksud statistiknya (variabilitas, komparasi, atau korelasi).
Analisis statistic terhadap satu perlakuan yang dimaksudkan disini adalah analisis secara statistic untuk menguji hipotesis yang berkenaan dengan kualitas sebuah perlakuan (seperti baik/jelek, berhasil/gagal, memuaskan/mengecewakan) atau rata – rata atau normal/tidak normalnya sebuah sebaran data.

ANALISIS STATISTIK UNIVARIATE SATU JALAN

Analisis ini digunakan jika data eksperimen mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1.      Memenuhi 4 persyaratan Analisis Variansi
2.      Mempunyai satu variable terikat
3.      Mempunyai satu variable bebas

Analisis Variansi Univariate Satu Jalan dengan Sel Sama

-            Syarat
Uji ini digunakan jika data amatan hasil eksperimen memenuhi persyaratan sebagai berikut :
i.         Memenuhi 4 persyaratan Analisis Variansi
ii.        Mempunyai satu variabel terikat
iii.      Mempunyai satu variable bebas
iv.       Ukuran masing-masing sample adalah sama
-            Misalkan ukuran sample yang sama adalah n
-            Tata letak data
Misalkan terdapat k-sampel dengan masing-masing sample berukuran n maka banyaknya seluruh data amatan adalah nk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sms Gratis

Game Hamster

ShoutMix