Pages

Senin, 14 Oktober 2013

Ukuran Pemusatan Data


Misalkan 8 siswa peserta tes Matematika yaiut Andi, Budi, Cici, Dita, Efa, Fita, Gani, dan Haris. Setelah diadakan tes dan nilainya dibulatkan diperoleh data nilai dari Andi hingga Haris adalah 8, 6, 7, 4, 9, 4, 7, 7. Dari data ini, maka muncul pertanyaan seperti: Berapakah rata-rata nilai mereka? Nilai manakah yang membagi data menjadi dua bagian yang sama? Yaitu 50% dari kelompok bawah dan 50% dari kelompok atas, serta nilai mana yang paling sering muncul dari hasil tes itu?.
             Ketiga pertanyaan ini memberikan gambaran pemusatan data dari nilai kedelapan siswa peserta tes Matematika diatas. Pertanyaan pertama berkaitan dengan nilai rata-rata, pertanyaan kedua berkaitan dengan nilai tengah, dan pertanyaan ketiga berkaitan dengan nilai yang sering muncul. Nilai rata-rata disebut juga mean, nilai tengah  disebut juga median, dan nilai yang sering muncul disebut juga modus. Ketiganya merupakan ukuran pemusatan data atau ukuran tendensi sentral.
Ukuran pemusatan data adalah nilai tunggal dari data yang dapat memberikan gambaran yang lebih jelas dan singkat tentang pusat data yang juga mewakili seluruh data. Ada beberapa macam ukuran pemusatan data yang akan kita pelajari pada modul ini, antara lain rata-rata hitung (mean), rata-rata geometri, rata-rata harmonis, median, modus, kuartil dan persentil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sms Gratis

Game Hamster

ShoutMix