Pages

Senin, 14 Oktober 2013

Keterampilan Generik Sains


Keterampilan  generik sains adalah  keterampilan yang dapat digunakan untuk mempelajari berbagai konsep dan menyelesaikan berbagai masalah sains.
Kemampuan generik sains dan indikator kemampuan generik sains antara lain:
1.   Pengamatan langsung 
   Menggunakan sebanyak mungkin indera dalam mengamati percobaan atau fenomena alam. Contohnya proses terjadinya pelangi.


2.   Pengamatan tidak langsung 
     Menggunakan alat ukur sebagai alat bantu indera dalam mengamati percobaan atau gejala alam. Contohnya praktikum pengukuran pokok bahasan listrik menggunakan voltmeter, amperemeter dan lain-lain.
3.   Kesadaran tentang skala
    Menyadari objek-objek alam dan kepekaan yang tinggi terhadap skala numerik sebagai besaran atau ukuran skala mikroskopis atau pun makroskopis. Contohnya bahasan tentang waktu paro.
4. Bahasa simbolik 
    Memahami simbol, lambang, dan istilah. Contohnya persamaan diferensial untuk menggambarkan pergerakan suatu benda.
5. Kerangka logika 
   Hubungan logis antara dua aturan fisika “hukum”. Contohnya bahasan keganjilan hukum mekanika newton dengan elektrodinamika Maxwell.
6.   Konsistensi logis 
     Memahami aturan“hukum”.Contohnya pembahasan relativitas enstein.
7.  Sebab akibat 
    Menyatakan hubungan antar dua variabel atau lebih dalam suatu gejala alam tertentu. Contohnya hukum faraday yang disimpulkan dari pengamatan empiris, yang menyatakan bahwa jika ada kumparan yang melingkari medan magnet, maka pada kumparan tersebut akan timbul arus listrik.
8.   Pemodelan-pemodelan matematik 
   Mengungkapkan fenomena atau masalah dalam bentuk sketsa gambar atau grafik. Contohnya peluruhan bahan radioaktif, penentuan penurunan besar suhu secangkir kopi panas, dan lain-lain.

Dalam mempelajari konsep-konsep sains harus dibekali kemampuan berpikir yang kompleks. Pada umumnya setiap konsep sains dapat mengembangkan lebih dari satu macam keterampilan generik sains, karena itu mempelajari konsep sains pada hakekatnya adalah mengembangkan keterampilan berpikir sains yang merupakan berpikir tingkat tinggi (Liliasari dkk, 2007).
Kemampuan generik sains penting dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mempelajari fenomena alam dan belajar bagaimana cara belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sms Gratis

Game Hamster

ShoutMix