SWOT merupakan (kekuatan (strengths),
kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats)
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk
mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau
suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths,
weaknesses, opportunities, dan threats).
Pengertian
analisis SWOT adalah salah satu bentuk analisis dalam manajemen dengan
menggunakan prinsip SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, and Threats).
Analsis SWOT digunakan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
yang akan dihadapi oleh perusahaan. Dengan melihat kekuatan yang dimiliki serta
mengembangkan kekuatan tersebut dapat dipastikan bahwa perusahaan akan lebih
maju dibanding pesaing yang ada. Demikian juga dengan kelemahan yang dimiliki harus
diperbaiki agar perusahaan bisa tetap eksis. Peluang yang ada harus
dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh perusahaan agar volume penjualan dapat
meningkat. Dan ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan haruslah dihadapi
dengan mengembangkan strategi pemasaran yang baik.
SWOT menurut
Sutojo dan F. Kleinsteuber (2002 : 8) adalah untuk menentukan tujuan usaha yang
realistis, sesuai dengan kondisi perusahaan dan oleh karenanya diharapkan lebih
mudah tercapai. SWOT adalah singkatan dari kata-kata Strength (kekuatan
perusahaan) Weaknesses (kelemahan perusahaan), Opportunities (peluang
bisnis) dan Threats (hambatan untuk mencapai tujuan).
Apabila teknik
swot analisis tersebut diterapkan dalam kasus menentukan tujuan strategi
manajemen pemasaran dapat diutarakan sebelum menentukan tujuan-tujuan pemasaran
yang ingin dicapai hendaknya perusahaan menganalisis : kekuatan dan kelemahan,
peluang bisnis yang ada, berbagai macam hambatan yang mungkin timbul.
Kinerja
perusahaan dapat ditentukan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Kedua
faktor tersebut harus dipertimbangkan dalam analisis SWOT. SWOT adalah
singkatan dari lingkungan Internal Strengths dan Weaknesses serta
lingkungan eksternal Opportunities dan Thearts yang dihadapi
dunia bisnis. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal Peluang dan
Ancaman dan faktor internal Kekuatan dan Kelemahan.
Sedangkan
Kotler (2008 : 88) mengemukakan bahwa analisis SWOT adalah evaluasi terhadap
keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman disebut analisis SWOT.
Teknik analisis
SWOT yang digunakan adalah sebagai berikut :
1. Analisis
Internal
a. Analisis Kekuatan (Strenght)
Setiap perusahaan perlu menilai
kekuatan dan kelemahannya dibandingkan para pesaingnya. Penilaian tersebut
dapat didasarkan pada faktor-faktor seperti teknologi, sumber daya finansial,
kemampuan kemanufakturan, kekuatan pemasaran, dan basis
pelaggan yang dimiliki. Strenght (kekuatan) adalah keahlian dan
kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan pesaing.
3. Analisis Kelemahan (Weaknesses)
Merupakan keadaan perusahaan dalam
menghadapi pesaing mempunyai keterbatasan dan kekurangan serta kemampuan
menguasai pasar, sumber daya serta keahlian. Jika orang berbicara tentang
kelemahan yang terdapat dalam tubuh suatu satuan bisnis, yang dimaksud ialah
keterbatasan atau kekurangan dalam hal sumber, keterampilan dan kemampuan yang
menjadi penghalang serius bagi penampilan kinerja organisasi yang memuaskan.
Dalam praktek, berbagai keterbatasan dan kekurangan kemampuan tersebut bisa
terlihat pada sarana dan prasarana yang dimiliki atau tidak dimiliki, kemampuan
manajerial yang rendah, keterampilan pemasaran yang tidak sesuai dengan
tuntutan pasar, produk yang tidak atau kurang diminta oleh para pengguna atau
calon pengguna dan tingkat perolehan keuntungan yang kurang memadai.
3. Opportunities (peluang)
Opportunities (peluang) merupakan
kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi
merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar.
4. Analisis
Eksternal
5. Analisis Peluang (Opportunity)
Setiap perusahaan memiliki sumber
daya yang membedakan dirinya dari perusahaan lain. Peluang dan terobosan
atau keunggulan bersaing tertentu dan beberapa peluang membutuhkan sejumlah
besar modal untuk dapat dimanfaatkan. Dipihak lain, perusahaan-perusahaan
baru bemunculan. Peluang pemasaran adalah suatu daerah kebutuhan pembeli
di mana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan.
Analisis Ancaman (Threats)
Ancaman adalah tantangan yang
diperlihatkan atau diragukan oleh suatu kecenderungan atau suatu perkembangan
yang tidak menguntung-kan dalam lingkungan yang akan menyebabkan kemerosotan
kedudukan perusahaan. Pengertian ancaman merupakan kebalikan pengertian peluang.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ancaman adalah faktor-faktor lingkungan
yang tidak menguntungkan suatu satuan bisnis.
Jika tidak diatasi, ancaman akan
menjadi ganjalan bagi satuan bisnis yang bersangkutan baik untuk masa sekarang
maupun di masa depan. Dengan melakukan kedua analisis tersebut maka perusahaan
dikenal dengan melakukan analisis SWOT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar