Hasil pengukuran yang kita peroleh disebut dengan data
mentah. Besarnya hasil pengukuran yang kita peroleh biasanya bervariasi.
Apabila kita perhatikan data mentah tersebut, sangatlah sulit bagi kita untuk
menarik kesimpulan yang berarti. Untuk memperoleh gambaran yang baik mengenai
data tersebut, data mentah tersebut perlu di olah terlebih dahulu.
Pengertian
Distribusi Frekuensi
Distribusi
frekuensi adalah sejumlah data yang diurutkan dari data terkecil hingga data
terbesar dimana banyaknya data tersebut dibagi ke dalam beberapa kelas dengan
tujuan agar lebih mudah dibaca dan lebih sederhana. Perhatikan nilai ujian
statistika untuk 80 orang mahasiswa berikut ini:
79
|
80
|
70
|
68
|
90
|
92
|
80
|
70
|
63
|
76
|
49
|
84
|
71
|
72
|
35
|
93
|
91
|
74
|
60
|
63
|
48
|
90
|
92
|
85
|
83
|
76
|
61
|
99
|
83
|
88
|
74
|
70
|
38
|
51
|
73
|
71
|
72
|
95
|
82
|
70
|
81
|
91
|
56
|
65
|
74
|
90
|
97
|
80
|
60
|
66
|
98
|
93
|
81
|
93
|
43
|
72
|
91
|
59
|
67
|
88
|
87
|
82
|
74
|
83
|
86
|
67
|
88
|
71
|
89
|
79
|
80
|
78
|
73
|
86
|
88
|
75
|
81
|
77
|
63
|
75
|
Data
diatas sangatlah tidak jelas dan susah untuk dibaca, kita tidak bisa menentukan
berapa siswa yang mendapat nilai antara 65 – 70, berapa % siswa yang mendapat
nilai diatas 75, ataupun banyaknya siswa yang mendapat nilai kurang dari 60.
Oleh karena itu, dibuatlah tabel
frekuensi atau distribusi frekuensi dengan cara mendistribusikan semua data ke
dalam beberapa kelas atau interval lalu menentukan frekuensi kelasnya. Berikut
ini penyajian data diatas ke dalam tabel frekuensi:
Tabel
3.1
Frekuensi Nilai Statistika
Nilai
|
Turus
|
Frekuensi
|
31 - 40
|
//
|
2
|
41 - 50
|
///
|
3
|
51 - 60
|
|
5
|
61 - 70
|
|
14
|
71 - 80
|
|
24
|
81 - 90
|
|
20
|
91 - 100
|
|
12
|
Jumlah
|
80
|
Adapun
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam tabel frekuensi adalah sebagai berikut.
1. Range atau Jangkauan
Range atau jangkauan adalah data
terbesar dikurangi dengan data terkecil, yang dinotasikan dengan:
R = Xmaks - Xmin
Contoh Soal:
Range atau jangkauan dari data nilai
statistika 80 orang mahasiswa diatas
adalah ...
R = Xmaks - Xmin =
99 – 35 = 64
2. Banyaknya kelas
Banyaknya kelas biasa diambil paling
sedikit 5 kelas dan paling banyak 15 kelas tergantung kebutuhan dan harus
mencakup semua data yang diperoleh.
Jika jumlah kelas terlalu sedikit maka
informasi yang disajikan tidaklah lengkap karena interval kelasnya besar
sehingga variasi dari datanya hilang. Sebaliknya jika jumlah kelas terlalu
banyak, maka perhitungan menjadi rumit dan bisa menimbulkan pola frekuensi yang
kosong.
Ada suatu aturan yang ditetapkan oleh H.A. Strugess yang dikenal dengan
aturan Struges, yakni sebagai
berikut:
K
= 1 + 3,3 log n
Keterangan:
K = banyaknya kelas
n = banyaknya data (frekuensi)
3,3 = konstanta
Contoh Soal:
Banyaknya kelas berdasarkan data nilai ujian statistika 80
orang mahasiswa adalah ...
K
= 1 + 3,3 log n = 1 + 3,3 log 80 = 1 + 3,3 (1,9031) = 1 + 6,3 = 7,3
(dibulatkan menjadi 7). Sehingga banyaknya kelas adalah 7.
3. Interval Kelas
Interval kelas atau panjang kelas
adalah besarnya jangkauan dibagi dengan banyaknya kelas, yang dapat dirumuskan
dengan:
Keterangan:
P
= panjang kelas (interval)
R
= range (jangkauan)
K = banyaknya kelas
Contoh Soal:
Dari perhitungan yang telah kita peroleh sebelumnya mengenai
data nilai statistika 80 orang mahasiswa, dimana jangkauannya (R) sebesar 64
dengan banyak kelas (K) adalah 7, maka intervalnya adalah ...
P = R / K = 64 / 7 = 9,14 (diambil 10 agar mencakup semua data
yang ada).
4. Batas kelas
Batas kelas merupakan nilai-nilai ujung
suatu kelas. Nilai ujung bawah kelas disebut batas bawah kelas, dan nilai ujung
atas kelas disebut batas atas kelas.
Berdasarkan tabel 3.1
diatas, diketahui bahwa batas bawah dan batas atas kelasnya adalah sebagai
berikut.
Batas bawah kelas: 31, 41, 51, 61, 71, 81, 91
Batas atas kelas: 40, 50, 60, 70, 80, 90, 100
5.
Titik
Tengah Kelas
Titik tengah kelas merupakan nilai yang
terletak di tengah-tengah interval kelas yang dianggap mewakili kelas tersebut.
Nilai titik tengah suatu interval kelas ditentukan dengan rumus:
Titik
tengah =
Maka,
berdasarkan tabel 3.1 titik
tengah masing-masing kelasnya adalah:
ᛃ Kelas
kesatu :
= 35,5
ᛃ Kelas
kedua :
= 45,5
ᛃ Kelas
ketiga :
= 55,5
ᛃ Kelas
keempat :
= 65,5
ᛃ Kelas
kelima :
= 75,5
ᛃ Kelas
keenam :
= 85,5
ᛃ Kelas
ketujuh :
= 95,5
Tabel
Distribusi Frekuensi
A.
Pengertian Tabel Distribusi Frekuensi
Tabel
distribusi frekuensi merupakan penyajian data statistik dalam bentuk kolom dan
baris yang menggambarkan pendistribusian angka-angka atau pembagian frekuensi
dari variabel yang sedang diteliti. Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan tabel
frekuensi berikut ini:
Tabel 3.2 Nilai Ujian Bahasa Inggris dari 30
siswa
Nilai
|
Frekuensi
|
6
|
4
|
7
|
5
|
8
|
11
|
9
|
8
|
10
|
2
|
Jumlah
|
30
|
Dari tabel 3.2 diatas, terlihat
angka yang menunjukkan variabel, yaitu 6, 7, 8, 9 dan 10. Angka yang
menunjukkan frekuensi, yaitu 4, 5, 11, 8 dan 2. Sedangkan angka yang
menunjukkan jumlah frekuensinya adalah 30.
1.
Jenis
Tabel Distribusi Frekuensi
Pada bagian ini, hanya akan dibahas 5 jenis tabel distribusi
frekuensi, yakni sebagai berikut:
a.
Tabel Distribusi Frekuensi Data Tunggal
Memuat
frekuensi data yang tidak dikelompokkan. Misalnya:
Tabel 3.3
Distribusi Umur Mahasiswa Pendidikan
Fisika Universitas X
(Akhir Tahun 2011)
Umur (th)
|
Frekuensi
|
17
|
9
|
18
|
15
|
19
|
12
|
20
|
11
|
21
|
8
|
22
|
5
|
Jumlah
|
60
|
b. Tabel
Distribusi Frekuensi Data Kelompok
Memuat
frekuensi data yang dikelompokkan ke dalam kelas-kelas yang berbeda. Misalnya:
Tabel 3.4
Distribusi Gaji Bulanan 135 Pegawai Di
Daerah A
(dalam ribuan rupiah)
Gaji
|
Frekuensi
|
5.000 - 5.999
|
30
|
6.000 - 6.999
|
32
|
7.000 - 7.999
|
25
|
8.000 - 8.999
|
18
|
9.000 - 9.999
|
28
|
10.000 - 10.999
|
2
|
Jumlah
|
135
|
c. Tabel
Distribusi Frekuensi Kumulatif
Menyatakan
frekuensi total yang ada di bawah batas bawah kelas atau disebut frekuensi kumulatif kurang dari, dan
frekuensi total yang ada di atas atau sama dengan batas bawah kelas disebut frekuensi kumulatif lebih dari atau sama dengan.
Contoh Soal:
Dari
data pada tabel 3.1 diatas, tentukan
frekuensi kumulatif “kurang dari” dan frekuensi kumulatif “lebih dari” atau
“sama dengan” !
Jawab:
Ø Frekuensi
kumulatif “kurang dari”
Kelas
|
Frekuensi Kumulatif
|
< 31
|
0
|
< 41
|
2
|
< 51
|
5
|
< 61
|
10
|
< 71
|
24
|
< 81
|
48
|
< 91
|
68
|
< 101
|
80
|
Ø Frekuensi
kumulatif “lebih dari” atau “sama dengan”
Kelas
|
Frekuensi Kumulatif
|
≥ 31
|
80
|
≥
41
|
78
|
≥
51
|
75
|
≥
61
|
70
|
≥
71
|
56
|
≥
81
|
32
|
≥
91
|
12
|
≥
101
|
0
|
d. Tabel
Distribusi Frekuensi Relatif
Frekuensi
relatif merupakan persentase perbandingan antara masing-masing frekuensi dengan
jumlah keseluruhan frekuensinya.
Contoh Soal:
Dari
tabel 3.1 diatas,
tentukanlah frekuensi relatifnya !
Jawab:
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi relatif (%)
|
31 - 40
|
2
|
2,50
|
41 - 50
|
3
|
3,75
|
51 - 60
|
5
|
6,25
|
61 - 70
|
14
|
17,50
|
71 - 80
|
24
|
30,00
|
81 - 90
|
20
|
25,00
|
91 - 100
|
12
|
15,00
|
Jumlah
|
80
|
100
|
e.
Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif
Relatif
Frekuensi
kumulatif relatif adalah hasil pembagian antara frekuensi kumulatif dan
frekuensi total yang dikalikan seratus persen, atau dapat dinyatakan dengan
rumus:
fkrel =
x 100 %
Keterangan:
fkrel = frekuensi kumulatif relatif
fk = frekuensi
kumulatif
∑f = frekuensi total
Contoh Soal:
Perhatikan
lagi tabel frekuensi kumulatif “kurang dari” dan “lebih dari” diatas, lalu
tentukan frekuensi kumulatif relatifnya !
Kelas
|
fk “kurang dari”
|
fkrel
|
< 31
|
0
|
0
|
< 41
|
2
|
2,50
|
< 51
|
5
|
6,25
|
< 61
|
10
|
12,50
|
< 71
|
24
|
30,00
|
< 81
|
48
|
60,00
|
< 91
|
68
|
85,00
|
< 101
|
80
|
100,00
|
Kelas
|
fk “lebih dari”
|
fkrel
|
≥ 31
|
80
|
100,00
|
≥
41
|
78
|
97,50
|
≥
51
|
75
|
93,75
|
≥
61
|
70
|
87,50
|
≥
71
|
56
|
70,00
|
≥
81
|
32
|
40,00
|
≥
91
|
12
|
15,00
|
≥
101
|
0
|
0
|
Membuat Tabel
Distribusi Frekuensi
Contoh Soal :
Perhatikan
data umur 100 orang laki-laki di bawah ini !
44
|
51
|
40
|
45
|
53
|
67
|
45
|
40
|
26
|
26
|
35
|
33
|
36
|
39
|
47
|
53
|
59
|
27
|
45
|
25
|
41
|
37
|
42
|
40
|
30
|
42
|
56
|
44
|
41
|
44
|
31
|
33
|
28
|
48
|
64
|
43
|
59
|
41
|
55
|
57
|
49
|
41
|
40
|
61
|
31
|
52
|
47
|
33
|
34
|
67
|
34
|
38
|
40
|
61
|
35
|
68
|
43
|
29
|
51
|
59
|
37
|
52
|
35
|
44
|
65
|
64
|
37
|
24
|
58
|
62
|
63
|
31
|
32
|
58
|
43
|
41
|
52
|
36
|
51
|
40
|
28
|
44
|
31
|
29
|
53
|
56
|
52
|
23
|
35
|
52
|
40
|
31
|
52
|
56
|
58
|
50
|
52
|
47
|
34
|
46
|
Dari
data diatas, buatlah tabel distribusi frekuensinya!
Jawab:
1. Jangkauan
R
= Xmaks – Xmin = 68 – 23 = 45
2. Banyaknya
kelas
K
= 1 + 3,3 log 100 = 1 + 3,3 (2) = 1 + 6,6 = 7,6 (dibulatkan menjadi 8)
3. Panjang
kelas
P
= R / K = 45 / 8 = 5,6 (dibulatkan menjadi 6)
4. Batas
bawah kelas pertama = 22
Batas
atas kelas pertama = 27
5. Banyaknya
data tiap kelas adalah:
Umur (th)
|
Turus
|
Frekuensi
|
22 - 27
|
|
7
|
28 - 33
|
|
13
|
34 - 39
|
|
14
|
40 - 45
|
|
25
|
46 - 51
|
|
10
|
52 - 57
|
|
15
|
58 - 63
|
|
10
|
64 - 69
|
|
6
|
Jumlah
|
100
|
6. Distribusi
frekuensinya adalah:
Umur (th)
|
Frekuensi
|
|
22-27
|
7
|
|
28-33
|
13
|
|
34-39
|
14
|
|
40-45
|
25
|
|
46-51
|
10
|
|
52-57
|
15
|
|
58-63
|
10
|
|
64-69
|
6
|
|
Jumlah
|
100
|
Betfred Casino - MapyRO
BalasHapusThe Betfred Casino is 광양 출장안마 a free 동두천 출장샵 and mobile betting site that accepts Canadian 나주 출장샵 players. The Betfred 강릉 출장안마 Casino has a great variety of games from the Rating: 4.2 · 17 reviews · Price range: Best price 태백 출장마사지 guarantee!